Pemkab Morotai Tak Siap Terima Investasi

By Kabar Pulau 20 Jan 2017, 18:28:17 WITKabar Kota Pulau

Pemkab Morotai Tak  Siap Terima Investasi

TERNATE- Polemik seputar  rencana investasi yang masuk ke Morotai seperti   terjadi belakangan ini, sebenarnya bukan karena masyarakatnya   tidak siap, tetapi  pemerintah daerah   sebenarnya tidur.  Dampak rencana masuknya investasi yang  memuculkan protes  Sultan Tidore Husain Syah   dengan menyurat kepada Presiden Joko Widodo sebenarnya karena kesalahan pemerintah daerah.

                Sorotan ini disampaikan Kandidat Doktor Sosilogi Fisip Universitas Indonesia Saiful Totona  Jumat (20/1). Menurut dia mestinya, tidak menyalahkan pemerintah pusat tetapi  pemerintah daerah mesti memiliki tanggung jawab.   Dalam persoalan  investasi, sebenarnya   pemerintah daerah  yang mengambil peran.  

 Pemerintah  yang tidak siap ini juga menyangkut  basis data tentang Morotai.   Belum lagi berbicara infrastruktur. Karena itu Saiful mendesak pemerintah daerah,   berbenah menyediakan base line data, meninjau ulang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Jika dalam hal dokumen dasar dan baseline data saja amburadul  mana mungkin berbicara kesiapan menerima investasi yang masuk ke Morotai,” ujarnya.   

Sebenarnya  masyarakat Morotai bukan tidak siap. Mereka mestinya  disiapkan pemerintah daerah.  “Surat  Sultan Tidore  sebagai ikhtiar kepada Presiden Jokowi mempertanyakan rencana sudah duduk bersama   dengan masyarakat  dan pemerintah di sana, sebenarnya semata-mata kelalaian pemerintah daerah.  Apa fungsinya pemerintah daerah, kalau rencana investasi besar saja  mereka tidak tahu. Lalu mereka ada di mana. Ini mestinya dijawab pemerintah daerah

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar