Nostra Senhora Del Rosario, Bukti Rempah Menghipnotis Dunia

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:45:52 WITBaronda

Nostra Senhora Del Rosario, Bukti Rempah Menghipnotis Dunia
Puing-puing Benteng Gamlamo atau Nostra Senora del Rosario yang tak terurus (foto Dinas Pariwisata)

Ada pameo yang menyebutkan karena negeri  rempah- rempah inilah  bangsa Eropa menjelajah dunia dan menemukan Indonesia. Jika dirunut ke belakang tak salah juga disebutkan begitu karena tujuan kedatangan bangsa penjajah itu, baik Portugis, Inggris dan Spanyol serta Belanda  itu karena mencari rempah- rempah yang begitumahal dan bernilai tinggi.  Penjelajahan  mereka  ke Ternate dan pulau-pulau sekitarnya  selama bertahun- tahun adalah karena pesona  cengkih dan pala.

Jack Turner seorang wartawan senior Australia yang pernah melakukan riset di daerah ini dalam bukunya berjudul Sejarah Rempah,  menuliskan secara gamblang  bagaimana  pulau- pulau ini berperan di zaman itu. Yakni menjadi sentra produksi rempah- rempah dunia. Jack menceritakan bahwa harumnya cengkih hingga ke Eropa melalui  perjalanan panjang  dari bumi Moloku Kie Raha, menembus China hingga ke Timur Tengah dan selanjutnya sampai ke kaum kaya dan bangsawan di Eropa. Perjalanan panjang ampai ke Eropa itu membuat  harganya  selangit. Terutama bagi mereka yang mengkonsumsinya melalui bumbu- bumbu dapur dan berbagai bahan campuran obat.

Hal serupaditulis M Adnan Tomagola dalam bukunya Portugis dan Spanyol di Maluku. Dia menggambarkan Portugis  dalam  ekspedisinya mencari rempah menyinggahi sejumlah tempat dan mendirikan benteng. Pendirian  benteng itu  bertujuan mendukung ekspansi ke wilayah-wilayah jajahan yang baru. Misalnya pada 1505 Portugis membangun bentengnya di Bagian Timur Afrika. Sebut saja di Kilwa Mombassa,  dan beberapa daerah lainnya. Dibangunnya benteng itu untuk dijadikan tempat persinggahan mengambil air di sepanjang pelayaran  menuju dan kembali dari Asia Timur. Sela

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar