Napi Lapas Ternate Kendalikan Peredaran Narkoba di Malut

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:11:11 WITTelusur Pulau

Napi Lapas Ternate Kendalikan Peredaran Narkoba di Malut
Dua kurir narkoba yang menjalankan bisnis narkoba napi lapas yang diamankan petugas Polres Ternate

TERNATE- Salah satu narapidana (napi) yang kini menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelasa IIB Ternate, diduga menjadi bandar narkoba yang beredar di Maluku Utara (Malut). 

Kasat Reskrim Polres Halmahera Barat (Halbar), AKP Sinar Samsu, menjelaskan dari hasil penangkapan tiga orang kurir yang dilakukan pihaknya bersama Polres Ternate, mengarah ke napi berinisial FJ. Meski berada dalam Lapas, namun dengan bebas bisa mengendalikan peredaran narkoba di Malut.

"Awalnya kami tangkap Rusdi Kama di Sidangoni Halmahera Barat, dia mengaku mendapat barang (narkoba) dari Ardian Syah di Ternate. Jadi kami bekerja sama dengan anggota Polres Ternate dan berhasil mengamanakan Ardian dan Ismat K Malaka, pengakuan kedua pelaku ini katanya sabu didapat dari seorang napi yang kini masih ditahan di Lapas berinisial FJ," kata Sinar kepada wartawan di Polres Ternate Minggu (17/4/2016).

Menutunya, dua diantara tiga kurir yang ditangkap yakni Rusdi Kama dan Ardian Syah, merupakan residivis kasus yang sama. Sehingga begitu keluar dari penjara, keduanya kembali melakoni bisnis ini yang dipandu oleh FJ melalui telepon.

"Pengakuan Ardian masih banyak lagi narkoba dari Jakarta melalui jasa pengiriman. Dia (Ardian) disuruh suruh Napi FJ, mengambil dan mengantar barang-barang ini," jelasnya.

Guna mengungkap pelaku yang lain, Ardian dan Ismat bersama barang bukti 8 paket sabu siap edar telah diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Ternate untuk pengembangan. Sementara pelaku Rusdi, tetap diproses di Halbar.

"Sampai tadi malam belum maksimal, jadi kami menyerahkan ke Polres Ternate agar bisa mengungkap jaringan lebih besar lagi, karena kami di Polres Halbar rentang kendali agak jauh sementara lokasi kejadiannya ada di Ternate," terangnya.

Sementara itu, penangkapan terhadap FJ belum bisa dilakukan dan masih dikoordi

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar