Mengunjungi Pulau Bobale di Halmahera Utara

By Kabar Pulau 09 Feb 2017, 07:01:35 WITBaronda

Mengunjungi Pulau  Bobale di Halmahera Utara

 Mutiara  di Teluk Kao yang Belum Tergarap  

Pulau Bobale,  itulah  nama sebuah kecil  yang  secara administratif berada di Kecamatan Kao Utara Kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara. Sesuai namanya, Bobale dalam dialeg melayu  Ternate  berarti berbalik.  Berdasarkan cerita turun temurun dari warga setempat, terbalik itu adalah nama yang disematkan warga  di Halmahera Utara.Pulau ini sempat dikunjungi Kabarpulau.com beberapa waktu lalu. Pulau kecil ini tak dinyana ternyata menyimpan kekayaan alam bawah laut yang tak terpemanai.

Berdasarkan cerita  awalnya pulau ini  adalah  pulau kosong tanpa penghuni.  Awalnya   didatangi seorang warga  dari suku asli Tobelo pedalaman atau Tobelo Boeng yang menempati pulau ini. Orang itu bernama Bobale Berdasarkan cerita  turun temurun warga setempat   Bobale    memiliki cacat fisik. Bahkan  wajah dan dadanya menghadap ke langit  seperti posisi orang  menengadahkan wajah dan sebagian tubuhnya.  Karena kondisi fisiknya seperti itu, orang  menjulukinya  Om Bobale atau terbalik. Meski fisiknya cacat namun dia adalah seorang pendekar  ulung.  Lawan-lawannya yang menyinggahi pulau ini dan mengganggunya akan disikat.  Saktinya  Bobale   akhirnya orang di Halmahera Utara menamai pulau ini dengan Bobale (berbalik,red).  

Pulau  ini  ditempati   kurang lebih 160  kepala keluarga (KK)  dan sangat  terpencil. Meski begitu,  pulau   ini memiliki potensi luar biasa.  Terutama hasil  lautnya. Belum lagi  potensi wisata pantainya. Kekayaan bawah laut melimpah dari bibir pantai hingga ke laut dalam. Mulai dari ikan,

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar