Mengunjungi Filonga, Pulau Mungil di Ujung Tidore

By Kabar Pulau 16 Jan 2017, 10:02:28 WITBaronda

Mengunjungi Filonga, Pulau Mungil di Ujung Tidore

Berasa Tiba di ‘Surga’ Tersembunyi

Pasir putih nan halus, underwater yang kaya, dan tanpa penghuni. Tiga hal ini akan memikat siapapun untuk datang ke Filonga. Dengan pengembangan yang tepat, tak menutup kemungkinan pulau mungil ini bakal jadi salah satu destinasi wajib pelancong.

Ika Fuji Rahayu, Tidore

Tak sulit menemukan tagar tentang Pulau Filonga, atau Failonga, di media sosial. Akhir-akhir ini, pulau mungil di timur laut Tidore itu menjadi salah satu destinasi wisata yang kian populer. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan. Letaknya yang tak begitu jauh dari Tidore dan Ternate membuat Filonga menjadi pilihan piknik atau sekadar melepaskan diri dari penatnya rutinitas.

Dari Pelabuhan Bastiong Ternate, pulau seluas 1,1 km2 ini dapat ditempuh selama 30 menit. Speedboat harus disewa, lantaran tak ada transportasi umum yang khusus melayani rute Filonga. Rp 500 ribu pulang-pergi. Agak mahal memang, tapi sepadan dengan misi melepaskan diri sehari dari rutinitas. Pilihan transportasi yang lebih murah adalah menyewa katinting (perahu bermesin tempel, red) via Dermaga Kotamabopo di Tidore. Hanya Rp 150 ribu PP. ”Waktu yang tepat untuk ke Filonga adalah pagi hari, karena ombaknya belum terlalu tinggi. Apalagi bagi yang menggunakan katinting,” ujar Rio Timara Alting, dive master Kotamabopo Batobo Club (KBC) .


Masuk dalam kategori pulau-pulau kecil, hanya butuh sekitar 20 menit untuk mengitari Filonga. Yang membuat lama adalah bagian panjat memanjat tebing batu yang sebagiannya tergolong curam. 98 persen Filonga adalah tebing batu. Hanya 2 persen sisanya berupa pantai dan batuan berukuran kecil yang melandai. Namun di sini lah letak eksotisme Filonga. Pantai pasir putih nan halusnya juga ‘dilindungi’ bat

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar