Mengunjungi Doko dan Palamea Desa Penghasil Batumulia Bacan

By Andhy EH 24 Des 2016, 20:58:29 WITKabar Kampung

Mengunjungi Doko dan Palamea Desa Penghasil Batumulia Bacan

Semenjak  booming-nya Batu Bacan (Chrysocolla Quartz) di tahun 2013nama Pulau Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, turut terangkat. Ironisnya, Kasiruta, pulau penghasil Batu Bacan, justru masih asing di telinga pecinta batumulia. Padahal, dari ‘rahim’ Kasiruta lah, batumulia berjenis Doko Majiko, Doko Gulao, Palamea, hingga Blue Electric, terlahir.

Pekan lalu kami bertiga Mahmud Ici, Ika Fuji Rahayu dan Suparto Mahyadin,  melakukan perjalanan ke lokasi pertambangan Batu Bacan di Pulau Kasiruta.  Pulau seluas 520,88 kilometer persegi tersebut dapat ditempuh  dari Kota Ternate, ada moda transportasi laut dan udara dapat dimanfaatkan untuk menyeberang ke Pulau Bacan, pintu masuk ke Kasiruta. Kedua moda transportasi ini melayani rute Ternate-Bacan setiap hari. Dengan kapal laut, perjalanan dari Pelabuhan Bastiong Ternate ke Pelabuhan Babang Bacan memakan waktu tujuh jam dengan harga tiket Rp145 ribu per orang. Jika menggunakan pesawat udara, hanya butuh waktu sekitar 35 menit untuk duduk di kabin pesawat perintis yang terbang dari Bandara Baabullah Ternate ke Bandara Oesman Sadik Bacan. Harga per tiketnya mencapai Rp450 ribu. Malut Post memilih naik kapal laut Aksar Saputra 07.

Setibanya di Babang, perjalanan panjang ke Kasiruta dilanjutkan dengan menumpangi speedboat di Pelabuhan Habibie yang terletak di pusat Kota Labuha, 16 kilometer dari Babang. Demam Batu Bacan turut ‘mempercantik’ fasilitas transportasi dari dan ke Kasiruta. Sebelum batumulia ini diburu kolektor, Kasiruta merupakan pulau terisolir. Untuk mencapai pulau yang terletak di barat laut Bacan tersebut, warga harus menumpangi kapal kayu tua yang berlayar dua kali seminggu. Jika tak sabar menunggu jadwal kapal, tak ada pilihan lain kecuali menyewa speedboat dengan tarif Rp1 jut

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar