Membangun Ekowisata Bahari di “Bibir Pasifik”

By Kabar Pulau 19 Okt 2017, 20:03:10 WITBaronda

Membangun Ekowisata Bahari di “Bibir Pasifik”

Penulis: Faris Bobero/kabarpulau.com

Begitu banyak potensi wisata di pulau-pulau Maluku Utara. Namun, hal ini perlu perencanaan yang baik dan didukung oleh pemerintah setempat.

Salah satu pemuda dari pegawai Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Pulau Morotai, ini mencoba bersaing gagasan untuk membangun Ekowisata Bahari di Bibir Pasifik. Sebutan lain untuk Pulau Morotai itu.

Pemuda itu adalah Muhammad Assyura Umar yang berhasil lolos seleksi magang Australia Award 2017 bertajuk “Sustainable Tourism di Griffith University Brisban Queensland Australia”.

Untuk lolos seleksi,  Assyura harus bersaing dengan 913 peserta lainnya, dan akan mewakili Provinsi Maluku Utara (Malut), serta pemerintah Daerah Pulau Morotai khusunya, pada program magang.

Dari 913 perserta, hanya 30 orang yang lolos seleksi termasuk Assyura untuk mengikuti magang selama tiga pekan di Australia, mengikuti kegiatan seperti pelatihan, workshop, dan presentase project yang telah direncanakan peserta.

Assyura mengisahkan, pada proses seleksi, calon peserta berkewajiban membuat proposal project sesuai dengan tema “Sustainable Tourism” Assyura sendiri mengankat project bertajuk “Pengembangan Ekowisata Bahari Terumbu Karang berbasis Partisipasi Masyarakat dan Berkelanjutan di Pulau Koloray Morotai”.

Konsepnya mengangkat kegiatan ekowisata berupa rehabilitasi laut melalui penanaman karang. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi wisata namun di balik itu, ada pelestarian bahkan pemulihan terumbu karang yang rusak akibat oknum illegal fishing, maupun akibat perubahan iklim.

“Project saya ini akan dibimbing langsung oleh Professor Bill Carter, Prof Noel Scot, dan David Shirley dari Griffith University Brisban Queensland,” k

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. budi 20 Okt 2017, 20:07:19 WIT

    anak muda yang kreaktif.

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar