Melihat Sekolah Membuat Gerakan Sadar Lingkungan

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:13:49 WITLingkungan Hidup

Melihat Sekolah Membuat Gerakan Sadar Lingkungan

SMA Negeri 5 Halmahera Timur (Haltim), menyiapkan diri mengikuti seleksi sekolah Adiwiyata.  

Sekitar pukul 09.30 WIT, tampak siswa siswi, mulai dari kelas I sampai kelas III, tampak sibuk, menjalani aktifitas disikolah. Tak hanya siswa-siswi, kepala Sekolah SMA Negeri 5 Esa Ridwan dan semua dewan guru di sekolah yang berpusat di ibukota kabupaten Haltim ini, tengah sibuk dengan aktifitas pada pagi menjelang siang tersebut.

Aktifitas yang menonjol adalah dengan gerakan cinta lingkungan serta berbagai kegiatan lainnya berupa kesenian musik tradisional, dan ketrampilan daur ulang.

Sekolah ini, melakukan berbagai persiapan  untuk  berkompetisi sebagai sekolah Adiwiyata. Tentunya keberhasilan menjadi sekolah adiwiyata ini, merupakan tanggung jawab bersama, selain tanggung jawab warga sekolah SMA Negeri 5 Haltim. Pihak lainnya seperti komite sekolah memiliki juga andil penuh menuju sekolah adiwiyata.

Adiwiyata atau disebut sekolah hijau, merupakan sebuah penganugrahan terhadap sekolah yang dilakukan kementerian lingkungan hidup, yang berbasis lingkuangan.

Ada 4 komponen program yang diterapkan untuk menuju sekolah Adiwiyata. Di antaranya kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

April lalu, SMA negeri 5 menjadi sekolah satu-satunya sekolah di kabupaten Halmahera Timur, mengikuti seleksi menjadi sekolah adiwiyata. Ini tentu menjadi semangat baru bagi SMA Negeri 5, menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan.

Prestasi menjadi sekolah adiwiyata kini diidamkan siswa sekolah SMA Negeri 5. Karenanya kini berbagai kesiapan sedang dilakukan. Adapun fasilatas dan kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan daur ulang, pembuatan pupuk organik, kegiatan penghij

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar