Maluku Utara dan Lumbung Ikan Nasional

By Kabar Pulau 19 Jan 2017, 16:41:21 WITOpini

Maluku Utara dan Lumbung Ikan Nasional

 

“Tak Mati Beta di Lumbung Ikan”

Oleh: Dino Umahuk*

 

Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan dan seafood ) darinya, dan(dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan (mutiara dan berkah lain) yang kamu gunakan. Kamu (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur“. (QS An-Nahl, ayat-14)

 

Terobosan menjadikan Maluku Utara sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) memiliki nilai strategis bukan hanya bagi pembangunan daerah, regional maupun nasional, tetapi juga secara langsung sudah menempatkan Maluku Utara sebagai Poros Maritim yang penting bagi Indonesia.

 

Sesuai Data Badan Pusat Statistik Tahun 2013, Maluku Utara memiliki potensi produksi ikan tangkap sebesar 98.312 ton per tahun.  Angka tersebut tidak termasuk potensi produksi budidaya ikan. Kekayaan laut di Maluku Utara masih perlu dikelola dengan lebih baik untuk kesejahteraan rakyat. Maluku Utara merupakan salah satu provinsi dengan bentuk kepulauan di wilayah Indonesia bagian Timur dan terdiri dari beberapa gugusan pulau. Provinsi Maluku Utara tercatat memiliki luas wilayah 132.631,09 km2, yang terdiri dari luas daratan mencapai 32.004,57 km2 dan luas lautan mencapai 100.626,52 km2.

 

Kondisi geografis inilah yang menjadi salah satu alasan kuat untuk mempercepat pelaksanaan kebijakan lumbung ikan nasional di Maluku Utara, agar dapat segera mendongkrak peningkatan ekonomi daerah maupun ekonomi nasional.

 

Maluku Utara memang layak dijadikan sebagai Lumbung Ikan Nasional, dan untuk mewujudkannya

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar