Malaria dan DBD di Tidore Masih Tinggi

By Kabar Pulau 16 Jan 2017, 06:56:23 WITKabar Kota Pulau

Malaria dan DBD di Tidore Masih  Tinggi

Dua penyakit yang vektornya dari nyamuk masih cukup tinggi terjadi di Kota Tidore. Data Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan menunjukan, sepanjang  2015 sampai 2016  penderita malaria  masih cukp tinggi. UntuK  malaria misalnya  selama satu tahun tercatat ada  306 penderita.

Sementara  deman berdarah dengue (DBD) dari 2015 sampai 2016   ada 48 penderita.Masalah ini membutuhkan  penanganan  serius dari semua pihak, untuk mengatasi  perindukan nyamuk.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Tikep Fatma Marajabessi  di ruang kerjanya  mengatakan, selama 2015 penderita DBD  ada 10 penderita. Data ini meningkat di 2016 sebanyak 38 penderita.

Untuk penderita malaria, selama 2015  tercatat 226 penderita. Menurun di 2016 hanya 80 penderita.

Untuk mengatasi wabah DBD dan Malaria, perlu ada kesadaran masyarakat menjaga lingkungan.

“Nyamuk dapat berkembang biak, dan selalu menyebarkan wabah malaria dan DBD, lantaran lingkungan  belum bersih,” katanya. Untuk itu, ia berharap harus ada keterlibatan semua masyarakat menjaga kebersihan.

“Jangan buang sampah sembarangan, selanjutnya sampah yang tertampung harus cepat diangkat oleh instansi terkait,”ujarnya. (MP)    

 


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar