Konflik Tapal Batas Halteng - Haltim Segera Tuntas

By Andhy EH 20 Des 2016, 00:03:05 WITKabar Malut

Konflik Tapal Batas Halteng - Haltim Segera Tuntas

Pemprov Mulai Usul Batas Koordinat Dua Daerah   

SOFIFI – Konflik tapal batas dua kabupaten di Maluku Utara yakni antara Kabupaten Halmahera Tengah dan Halmahera Timur   mulai ada titik terang. Ini setelah Pemerintah Provinsi Maluku Utara mulai mengusulkan koordinat titik nol penyelesaian tapal batas kedua daerah ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Langkah tersebut diambil guna percepatan penerbitan Permendagri batas wilayah dua kabupaten ini. Proses ini baru akan berjalan  setelah Wakil Gubernur M Natsir Thaib menyampaikan hasil verifikasi beberapa koordinat titik nol dari pemda Haltim dan Halteng.

Kepala Bagian Perbatasan dan Pertanahan Biro Pemerintahan Setda Malut, Adhly Ali, mengatakan, permasalahan tapal batas Halteng-Haltim sudah ada perkembangan positif, setelah Tim dari Kemendagri dan Badan Informasi Geospasial (BIG) datang ke provinsi Maluku Utara (Malut) untuk memverifikasi koordinat titik nol kedua kabupaten itu. Aldhy menjelaskan, untuk menindaklanjuti tahapan penyelesaian tapal batas, sebagaimana Permendagri Nomor 76 Tahun 2012 tentang pedoman Penegasan Batas, oleh Tim Penegasan Batas Provinsi Malut sudah melakukan koordinasi. Menurutnya, rapat koordinasi itu melibatkan Bupati Halmahera Tengah (Halteng) dan Bupati Halmahera Timur (Haltim).“Kedua Bupati di tapal batas daerah ini sudah sepakat menyerahkan keputusan penetapan koordinat titi batas wilayah kepada pak Gubernur. Keduanya menyatakan siap menerima apapun hasil keputusan Gubernur,” kata Aldhy pada wartawan, Jumat (22/4).

Alhdy mengemukakan, pihaknya bersama Tim Kemendagri dan BIG, Kamis (21/4) lalu, pun melaksanakan pertemuan serupa terkait pembahasan koordinat titik nol. “Untuk          &n

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar