Ketika Tobelo Dalam Menerima Qurban dari BMH

By Kabar Pulau 07 Sep 2017, 13:35:12 WITEtniq

Ketika Tobelo Dalam Menerima Qurban dari BMH

laporan: Faris Bobero/ wartawan kabarpulau.com

 

Iraha dika, Islam

Irahai dika, BMH

Begitu kata Lepa dan Eli, Masyarakat Suku Tobelo Dalam atau komunitas Togutil ketika menerima daging qurban yang diberikan oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH) pada Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada Jum’at 01 September 2017.

Irahai Dika (Bagus sekali). Kata ini terus diungkap Lepa dan Eli kepada Anggota BHM yang berkunjung ke bivak Tobelo Dalam di Lali Gumutu, letaknya masuk ke hutan sekira 6 kilometer dari Desa Woda, Kecamatan Oba, Tidore kepulauan.

Sebelumnya, setelah solat Idhul Adha, pemotongan hewan Qurban berupa sapi empat ekor dilakukan di Desa Woda.

Setelah ba’da Jum’at, Lopa, Ely Papa, Hein, dan dua orang anak laki-laki Togutil yakni Ei dan Moses berdatangan ke Desa Woda. Mereka menuju rumah Mahmud Kandari (48 tahun).

“Saudara kita, Orang Togutil ini sudah janji berkunjung ke Desa pada perayaan Idul Adha. Mereka adalah orang yang menepati janji. Sebab itu, meskipun hujan, mereka tetap berusaha datang,” ungkap Mahmud.

Orang Togutil di dataran Oba sudah masuk Islam saat Da’i dari BHM berkunjung ke tempat mereka di Hutan Halmahera pada Oktober 2016. Mereka mengucapkan dua kalimat sahadat.

Mahmud mengisahkan, Ei, anak lelaki Suku Tobelo dalam ini, sudah menjadi anak angkat Bapak Lepa sejak ibunya meninggal dunia karena dimakan babi hutan. Karena itu, orang Togutil memelihara anjing sebagai sahabat penjaga mereka dari gangguan babi hutan.

“Babi hutan sangat besar di sini. Karena itu, mereka memelihara anjing untuk menjaga mereka,”katanya.

Hujan masih rintik. Pada pukul pada pukul 15.00 WIT, rombongan BHM bersama rombongan orang Togutil menuju ke lokasi bivak menggunakan dum truk

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar