Ketika Ibu-ibu Pulau Botanglomang Dilatih Olah Hasil Laut

By Kabar Pulau 28 Apr 2017, 17:05:40 WITKabar Kampung

Ketika Ibu-ibu Pulau Botanglomang Dilatih Olah Hasil Laut

Anggota  TNI  dari  Komando  Distrik  Militer (KODIM) 1509  yang  mengikuti  kegiatan Tentara  Manunggal  Membangun Desa  (TMMD)  ke - 98  di Pulau Botang Lomang  ikut melatih  warga  mengolah berbagai hasil laut menjadi produk yang bisa dijual  dan dikonmsumsi. Kegiatan  yang dilaksanakan pada 22/4) lalu. Saat ini telah memasuki  pertengahan  kegiatan TMMD . Melalui kegiatan ini TNI ingin  memberikan pembekalan kepada  warga  terutama  kaum ibu. Ada  30 orang  yang  tinggal di 8 desa  di Pulau ini  dilatih. Pelatihan ini dilaksanakan  melalui  kerjasama  dengan  Dinas Perikanan Kabupaten Halmahera Selatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan  dan Bank Indonesia.

Pemilihan  sasaran  kaum ibu ini, didasari  atas upaya yang dilakukan para ibu di Pulau Botang Lomang yang mayoritas merupakan istri nelayan untuk membantu suami mereka   meningkatkan taraf  hidup keluarga.  Dalam kesehariannya  kaum ibu di Pulau  ini  mengolah hasil laut yang diperoleh suaminya  dalam bentuk ikan asin dan kerupuk. Pengolahan  ikan ini  masih sangat sederhana  sehingga hasil laut yang mereka peroleh belum dapat diolah secara keseluruhan dan masih banyak yang  terbuang.

Melihat  fenomena ini kaum ibu ini dilatih,  agar dalam mengolah ikan itu memiliki nilai ekonomis  yang lebih tinggi  guna  meningkatkan taraf hidup  masyarakat  Pulau Botang Lomang.

 Pelatihan itu  sendiri diberikan langsung oleh Tim Bank Indonesia  Provinsi Maluku Utara yang dipimpin &n

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar