Keadilan Pangan Masih Menjadi Pekerjaan Rumah

By Kabar Pulau 19 Jul 2017, 01:18:29 WITLingkungan Hidup

Keadilan Pangan Masih Menjadi Pekerjaan Rumah

Akses masyarakat terhadap tanah-sumber produktif dan keadilan pangan masih menjadi pekerjaan rumah di Indonesia saat ini. Akibatnya, tidak sedikit anak Indonesia kekurangan gizi kronis atau Stunting yang menyebabkan anak bertubuh pendek dari rata-rata.

“Satu dari tiga anak Indonesia mengalami stunting,” kata Menteri Susi Pudjiastuti dalam acara Penghargaan Liputan Media Terbaik tentang Keadilan Pangan yang diselenggarakan Aliansi Jurnais Independen, didukung oleh AXFAM dan Australian Aid, pada Selasa, 18 Juli 2017 di Resto D’Cost VIP, Jakarta Pusat.

Untuk itu,Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengkampanyekan agar masyarakat mengkomsumsi ikan, agar kecukupan gizi.

KKP di bawah Menteri Susi, seperti menangkap illegal fishing, menenggelamkan kapal penangkapan ikan illegal, menjaga zonasi perbatasan penangkapan, sampai mengatur penggunaan jarring cantrang, adalalah untuk menaikkan kesejahteraan nelayan. Dengan begitu, ketersediaan ikan dengan mudah menjadi salah satu perbaikan gizi masyarakat.

Upaya tersebut dapat dilihat pada angka stastistik yang menunjukan, konsumsi ikan pada tahun 2016 naik menjadi 43,9 kg per tahun dibanding tahun 2013 yang berada pada angka 35,2 kg per tahun.

Tugas saya menjaga kedaulatan nasional, menjalankan misi laut adalah masa depan bangsa,” kata Susi Pudjiastuti.

Susi pun mengapresiasi acara Penghargaan Liputan Media tentang Keadilan Pangan. Ia berharap, masyaarakat Makin terbuka informasinya tentang ketahanan maupun keadilan pangan, khususnya yang terkait kelautan dan perikanan.

Selain Menteri Susi Pudjiastuti, hadir pula Al

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar