Kalaodi Kampung Penjaga Tradisi Tidore

By Andhy EH 24 Des 2016, 20:50:43 WITKabar Kota Pulau

Kalaodi Kampung Penjaga Tradisi Tidore

Penulis: Rahmatulhaj Jurnalis

Artikel ini juga dimuat di mongabay.co.id

 

TIDORE - Sekalaodi. Itu penyebutan nama dalam bahasa Tidore lama  untuk kampung Kalaodi.   Sekalaodi  memiliki  makna  memberi petunjuk  atau jalan yang benar. Sering juga  orang   menyebut  Kalaodi dalam bahasa Inggris  yakni Cloudy atau kampung di atas awan.

Mungkin bagi sebagian orang,  nama kampung ini belum begitu familiar. Namun sesungguhnya, Kalaodi menawarkan sebuah keaslian tradisi dan kekayaan budaya dalam menjaga alam.

Kalaodi adalah nama sebuah Kelurahan di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara  Namanya mungkin tak setenar  pulaunya,  Tidore,  yang mendunia   di zaman penjajahan  kolonial karena  cengkih dan pala.  Tapi praktek warga yang hidup di  dalam kawasan hutan lindung Tagafura ini layak dicontoh. Mulai dari cara memperlakukan alam  hingga kehidupan sosial masyarakatnya. Kehidupan warga menggambarkan begitu kuatnya harmonisasi  dengan alam.

Berada di  ketinggian ± 900 m dpl, kampong ini terasa begitu sejuk. Karena  kesejukannya meski matahari di atas ubun- ubun  adem masih tetap terasa. Kampung ini juga terbilang komplit.  Warganya, welcome menerima siapa saja.

 

Penjaga Tradisi Tidore

Warga juga masih   tetap menjaga  tradisi   sehingga  masih  lestari bersama  alam sekitar.   Mereka menyebutnya kampong ini 

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar