Jurnalis Rentan Dipidana, LBH Gelar Pelatihan

By Andhy EH 24 Des 2016, 21:52:53 WITPolmas

Jurnalis Rentan Dipidana, LBH Gelar Pelatihan
Workshop aparatus bertajuk "Pelatihan peningkatan pemahaman hukum pers" yang diselenggarakan untuk para penyidik di jajaran Polres Maluku Tengah, Selasa (17/11/15).

MASOHI - Minimnya pemahaman penyidik terhadap Undang-undang Pers seringkali menghambat hakikat kerja jurnalistik. Hal tersebut mempersempit pemberitaan media massa, sebab peluang memenjarakan jurnalis terbuka melalui jalur Undang-undang Pidana yang digunakan penyidik.

“Kebebasan Pers akan mudah dipatahkan oleh kepentingan pihak-pihak yang merasa terganggu dengan pemberitaan media massa. Padahal jurnalis bekerja untuk kepentingan publik sesuai dengan fungsi kontrol pers, kata Iqbal Taufik, Sekretaris Eksekutif sekaligus Ketua Divisi Non Litigasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Ambon, dalam Workshop aparatus yang diselenggarakan untuk para penyidik di jajaran Polres  Maluku Tengah, Selasa (17/11/15).

Hadir dalam kegiatan tersebut Rusdi Marpaung dari LBH Pers Jakarta dan Iqbal Taufik dari LBH Pers Ambon sebagai pemateri ini lebih menekankan tentang mekanisme UU Pers dan pemahaman nota kesepahaman antara Kapolri dan Dewan Pers serta adanya surat edaran Mahkamah Agung tentang sengketa pers.

Workshop yang diinisiasi  LBH Pers Ambon, diikuti 15 penyidik dari  delapan  polsek di Polres Maluku Tengah. Pelatihan  peningkatan pemahaman hukum pers tersebut bertujuan memberi pemahaman tentang mekanisme Undang-Undang Pers dan penyelesaian sengketa pers yang di laporkan ke kepolisian.

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari program kerja LBH Pers Ambon selama setahun ke depan. Melalui kegiatan tersebut, LBH Pers Ambon berupaya memberi pemahaman tentang hukum pers bagi penyidik dan peningkatan pemahaman etika dan keamanan bagi jurnalis.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kota Masohi tersebut, tambah Iqbal, merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di empat kota di Maluku, yakni  Kota Ambon, Masohi, Namlea dan Kota Tual. Banyaknya jumlah jurnalis yang tersebar di empat kota t

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar