Ini Pentingnya Tidore Punya Museum Rempah Nasional

By Andhy EH 24 Des 2016, 19:56:34 WITKabar Kota Pulau

Ini Pentingnya Tidore Punya Museum Rempah Nasional

TIDORE—Tidore adalah  pulau segudang  sejarah. Dia tidak hanya  mencatatkan  diri sebagai pulau kerajaan   yang  kuat. Pulau ini  ternyata  membuktikan kepada dunia  bahwa  di zaman dahulu  orang Eropa melakukan ekspedisi ke pulau ini hanya untuk  mencari rempah  . Soal kekayaan rempah  terutama cengkih dan pala itu sampai saat ini masih dipertahankan.Rempah-rempah yang melimpah di Kota Tidore Kepulauan (Tikep), terutama pala itu maka  diperlukan ada museum  yang suatu saat menyimpan dan membuktikan kepada dunia adanya rempah-rempah tersebut.   

Kepala Pusat Penelitian Tanamaan Rempah dan Obat Maluku—Maluku Utara (Malut), DR. Ir. Ilyas Marzuki,  saat  tatap muka dengan pemerintah Kota Tikep belum lama ini mengemukakan,  dari hasil penelitian yang dilakukan  terungkap  kalau di Maluku Utara   memiliki varian rempah, terutama pala, yang lebih unggul dan berkualitas tinggi dibanding daerah lain di Indonesia.

Untuk Kota Tikep sebagai penghasil rempah-rempah, salah satu variannya yaitu pala Tidore 1, yang diakui dunia. Selain itu, ditemukan varian baru buah pala kambing di Tidore. Pala ini , memiliki aroma khas, yang belum ditemukan di daerah lain.  “Ini yang menjadi salah satu alasan kuat Kota Tikep berpeluang dan layak dibangun Museum Rempah Nasional di  Maluku Utara. Kecuali  kalau ada daerah lain mengalahkan dan mengungguli varian rempah, terutama pala Tidore 1 dan pala kambing Tidore bisa saja museum itu tidak dibangun di sini,”ungkapnya.

           &nb

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar