Ini Kata Ahli Geologi Soal Ancaman Longsor di Ternate

By Kabar Pulau 03 Jun 2017, 13:15:28 WITKabar Kota Pulau

Ini Kata  Ahli  Geologi Soal Ancaman Longsor  di Ternate

Pemukiman Warga di Daerah Perbukitan Terancam
 
Penulis: Rahmatulhaj Jurnalis/wartawan Kabarpulau

Bencana longsor hingga  menelan korban jiwa di Kota Ternate  jarang terdengar. Tetapi peristiwa  tragis di Kelurahan Tobona Kota Ternate Selatan Kamis (1/6) dini hari lalu usai makan sahur itu, menjadi warning bagi semua warga Kota Ternate, terutama mereka yang membangun rumah di daerah perbukitan. Peristiwa pilu  yang menewaskan dua kakak beradik, Namira (15)  dan Takdir (7) itu  adalah musibah yang sudah harus diwaspadai.  Pemerintah Kota Ternate  juga jangan diam  dan perlu segera mengambil langkah sebelum  muncul korban- berikutnya.

Peristiwa  ini  menurut Pakar Geologi Maluku Utara Abdul Kadir.D.Arif, S.T.,M.Eng harus menjadi warning bagi semua.  Dedy biasa dia disapa yang  Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia – Maluku Utara dan Ketua Pusat Studi Gunung Api dan Bencana Geologi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara  itu mengungkapkan, intensitas curah hujan yang tinggi serta endapan vulkanik gunung  Gamalama yang berusia  Kuarter   sebagai batuan penyusun Kota Ternate  maka wilayah lain pun dapat pula terancam.  

Peristiwa ini akan sangat berpotensi terjadi lagi, terutama di wilayah yang sebelumnya merupakan wilayah penambangan (pasir,batu). Ini karena tingkat stabilitas batuan penyusun maupun kelerengan  sudah terubah oleh pemanfaatan material yang dilakukan sebelumnya.

Menurutnyanya, longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis.   Secara umum katanya, lon

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar