Ikan-ikan Hiu, Ido, Homa dan Drama Kekuasaan Maluku Utara

By Kabar Pulau 11 Jan 2017, 17:52:04 WITSastera

Ikan-ikan Hiu, Ido, Homa   dan Drama Kekuasaan Maluku Utara

 

Oleh: Dino Umahuk*

 

 

Ikan-ikan Hiu, Ido, Homa  adalah novel Yusuf Bilyarta Mangunwijaya yang terbit pertama kali pada 1983.  “Novel sejarah” ini mengambil latar Ternate dan Tidore abad 16 sampai 17, yang  mengisahkan kemunduran kerajaan lokal yang saling mencaplok lalu dicaplok oleh ikan yang lebih besar: penjajah.

 

Ceritanya dimulai dengan penyerbuan pasukan Ternate ke sebuah kampung suku Tobelo pada tahun 1594. Para pembuat perahu di kampung Dowingo-Jo yang berdarah bajak laut itu dihancurkan karena menolak membuat perahu bagi kepentingan sultan. Mereka dipukul mundur dengan bantuan keculasan salah seorang istri kepala suku, seorang perempuan Cina yang doyan selingkuh.

 

Di antara penduduk yang tumpas itu Mioti-Lamo dan salah satu istri lain kepala suku bernama Loema-Dara, selamat. Mioti adalah anak seorang pembuat perahu yang cakap. Bersama beberapa orang yang selamat lainnya, ia mendirikan kampung baru di Gamfela Ie dan meneruskan tradisi membuat perahu. Kecakapannya itu tersiar hingga ia dijuluki Si Pandir. Kelak, ia menjadi budak-belian yang dipaksa mengabdi Ternate.

 

Masa itu adalah masa yang tegang. Ternate berhadapan dengan tetangganya, Kesultanan Tidore. Said Barkat yang menjadi Sultan Ternate mulai mendekati dan mengemis ke Belanda untuk menggempur Tidore yang disokong Spanyol dan Portugis. Perang pun tak bisa dihindarkan. Hukum rimba di kalangan orangorang laut ini berlaku: saling makan dan menghancurkan, ikan homa dimakan ikan ido yang menjadi santapan hiu. Pada akhirnya yang tampil ke muka adalah para penjajah yang siap dengan bala tentaranya itu.

 

M

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Nurul hidayah 28 Jan 2018, 09:30:56 WIT

    Emang ya tahun baru doi makin hits aja. Nah mau hits juga kayak doi? Makanya download Kwai Go dong biar lo bisa hits dan banyak duit kayak doi. Simpel aja lo upload video di Kwai Go dan makin banyak orang yang nonton video lo, makin banyak Kwai Poin yang lo dapet dan bisa ditukerin sama duit.

    Download Kwai Go sekarang di Google Playstore atau Apple Appstore dengan kata kunci pencarian ‘Kwai Go’!

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar