Hemiscyllium Halmahera jadi Ikon Diving

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:46:34 WITBaronda

Hemiscyllium Halmahera jadi Ikon Diving
IKON DIVING: Hemiscyllium Halmahera sering dijumpai di titik selam dari Pelabuhan Ahmad Yani hingga Dodoku Ali.Ternate

Kekayaan fauna bawah laut  Maluku Utara  tak perlu diragukan lagi. Di laut  Ternate, hiu imut, Hemiscyllium Halmahera, yang tercatat sebagai spesies baru 2013 lalu siap mempesona para penikmat olahraga bawah laut. 
  
Bagi Anda yang kerap melakukan diving di sekitar Pulau Ternate, disarankan untuk membuka mata lebar-lebar. Jika beruntung, maka bersiaplah untuk terpukau dengan hiu yang satu ini. Hemiscyllium halmahera, atau dikenal juga dengan walking shark, merupakan spesies endemik di Halmahera. Artinya hiu yang termasuk dalam famili hemiscylliidae ini tak dapat ditemui di kawasan lain selain di Maluku Utara. Masyarakat setempat biasa menyebutnya gorango.
Meski tak asing lagi bagi masyarakat Maluku Utara, namun hemiscyllium halmahera baru booming ketika pertama kali terlihat mata seorang Gerard Allen, biologis Australia, di tahun 2008 tahun. Butuh waktu lima tahun bagi Allen dan koleganya untuk dapat mengklaim hiu jenis bambu ini sebagai spesies baru melalui Aqua International Journal pada Juli 2013.
Hiu jenis ini disebut walking shark lantaran memiliki empat sirip yang mirip kaki di masing-masing sisi tubuhnya. Keempat sirip ini membuat hemiscyllium halmahera terlihat seperti sedang berjalan saat ia berenang di dasar lautan. Hiu yang hidup di kedalaman 2-3 meter di dalam laut tersebut memiliki pola warna dasar yang cenderung berbeda dari walking shark lainnya. Seperti yang dikutip dalam artikel ilmiah Hemiscyllium halmahera, a new species of Bamboo Shark (Hemiscylliidae) from Indonesia yang ditulis oleh biologis Gerald R. Allen, Mark V. Erdmann, dan Christine L. Dudgeon, tubuh hemiscyllium halmahera memiliki warna dasar cokelat dengan sejumlah bintik gelap berbentuk poligon. Spesies ini tampilannya paling mirip dengan hemisc

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar