Gempabumi Goyang Halmahera Utara dan Morotai

By Kabar Pulau 21 Jan 2017, 15:54:11 WITKabar Kota Pulau

Gempabumi Goyang  Halmahera  Utara  dan Morotai

Gempa bumi kembali mengguncang Halmahera Bagian Utara dan Morotai.  Data   yang dirilis  Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  menyebutkan pada Sabtu (21/1)  sekitar pukul 2.16.34 WIT wilayah Halmahera Utara dan Pulau Morotai digoyang gempabumi tektonik berkekuatan M=5,7.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Muhammad Riyadi  menjelaskan, pusat gempabumi terletak pada koordinat 2,85 LU - 128,21 BT, tepatnya di laut pada jarak sekitar 50 km km arah utara Pulau Morotai,  pada kedalaman 55 km.   
Menurutnya dampak gempabumi  digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan   di wilayah Halmahera Utara dan seluruh Pulau Morotai mengalami guncangan pada skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI. “Artinya guncangan gempabumi ini dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak berpotensi merusak.

Penyebab terjadinya gempabumi ini diperkirakan akibat aktivitas subduksi Lempeng Maluku Utara ke bawah Lempeng Halmahera dan menyebabkan deformasi/patahan batuan pada kedalaman 55 km. “Beberapa tahun terakhir Lempeng Laut Maluku Utara memang mengalami peningkatan aktivitas kegempaan yang cukup signifikan,”ujarnya.

Gempabumi ini termasuk klasifikasi gempabumi dangkal yang tidak membahayakan.
Meskipun gempabumi ini terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.  “Warga di pesisir pantai Halmahera Utara dan Pulau Morotai diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.(KBP)

 


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar