Front Peduli Gane Tolak Masuknya Korporasi Kehutanan

By Kabar Pulau 12 Jan 2017, 16:44:43 WITLingkungan Hidup

Front Peduli Gane Tolak Masuknya Korporasi  Kehutanan

TERNATE– Sekelompok mahasiswa dan  Pemuda asal Gane,  baik  Gane Timur Gane  Barat  menggelar aksi    di kawasan Simpang Tiga RRI Ternate   dan depan Kantor Polda Maluku Utara. Dalam aksi itu mereka   mengutuk keras adanya izin dan rencana  masuknya investasi korporasi besar di bidang kehutanan  di daerah ini. Dasar aksi mereka terkait  akan beroperasinya PT Pala Nirwana sebuah perusahaan kayu bulat yang akan mengeksploitasi hutan  dan kayu  dengan  luas izin konsesi mencapai  28 ribu hektar lebih di Gane.

Aksi sekitar pukul 11. 00 WIT itu,  berawal dari Kampus Unkhair Gambesi  dilanjutkan di depan RRI. Di depan RRI mereka berorasi  sambil meminta   disiarkan secara live.  Mereka  melanjutkan  aksi ke Polda Malut   meminta  aparat  penegak hukum mengawal aksi mereka.  Melalui Rasuandi Salhu salah satu oratornya   mendesak   Gubernur Maluku Utara KH Abdul Ghani Kasuba dan Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba  mencabut izin beroperasinya PT Pala Nirwana yang akan  beroperasi  di Gane Timur, Gane Timur Selatan  Gane Barat dan Gane Barat Utara.   

Menurutnya, sudah ada pengalaman  sejak akhir tahun 80 an sampai 90 an ada empat perusahaan kayu yang masuk ke Gane  mengeksploitasi hutan  yakni PT Barito,  PT Solindo,  PT Jakarta Baru,  PT Mangtip,  PT Surya  Kirana Duta Mas  dan  PT Gelora Mandiri Membangun (GMM). Terakhir  masuk   PT Korindo yang bergerak di bidang kelapa sawit. Ternyata kehadiran mereka hanya mendatangkan masalah.  Semua perusahaan yang masuk  hanya menimbulkan masalah, karena itu mereka meminta  Gubernur segera mencabut izin PT Pala Nirwana,

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar