Film Tentang Kalaodi Resmi Diluncurkan

By Kabar Pulau 10 Jan 2017, 23:01:47 WITLingkungan Hidup

Film Tentang Kalaodi  Resmi Diluncurkan

Sebuah film dokumenter hasil garapan LSM  Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Maluku Utara bertema Kearifan Lokal dan Pengelolaan Hutan Lestari berhasil diluncurkan. Fim yang menceritakan tentang kearifan masyarakat Kelurahan Kalaodi Puncak Kie Matubu Tidore itu, berhasil diselesaikan  dalam tempo  tiga bulan.  Film  itu diluncurkan sekaligus dgelar Fokus Grup Diskusi (FGD) bertema  tentang pengelolaan hutan lestaridi Coffe Socer Jalan Stadion Gelora Kie Raha Ternate Minggu (8/1).  Para peserta kegiatan berasal dari berbagai kalangan baik LSM, pers dan  mahasiswa.

Dalam peluncuran sekaligus nonton bareng  itu film yang disebut sebagai video kampanye itu  mencoba mengeksplorasi kehidupan dan model pengelolaan lahan dan hutan warga  keluarahan Kalalodi.

Dengan mengangkat cerita tentang warga Kalaodi yang berusaha mengelola lahan dan hutannya berdasarkan  kearifan lokal masyarakat tempatan film ini menegaskan kepada semua pihak di negeri ini bahwa, investasi besar yang mengeruk sumberdaya alam baik hutan maupun tambang tak selalu memberikan kesejahteraan  bagi masyarakat. Sebaliknya pengelolaan sumberdaya alam terutama hutan dan berbagai isinya  secara arif dan bijaksana dapat memberikan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Dalam nonton bareng itu selain memutar film cerita kearifan warga mengelola alam hutanya tetapi turut memperlihatkan kerakusan investasi di wilayah lain di Halmahera yang telah menggusur lahan produktif  berupa kelapa pala dan cengkih milik masyarakat Gane dan digantikan  dengan kelapa sawit. Dua buah film ini adalah video kampanye  yang coba memperlihatkan kepada kita satu sisi kearifan mengelola alam dan satunya lagi memperlihatkan ke

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar