Festival Pulau Hiri, Mengembalikan Kearifan Lokal Kepulauan

By Kabar Pulau 02 Feb 2017, 08:00:16 WITKabar Kota Pulau

Festival Pulau Hiri, Mengembalikan Kearifan Lokal Kepulauan

Apa yang digagas oleh #Ngofa Hiri#  atau Pemuda Pulau Hiri dengan berencana menggelar Festival Pulau Hiri  Maret  hingga  Agustus mendatang,  patut diapreseasi.  Anak-anak muda pulau ini merasa penting mengembalikan kearifan lokal nenek moyang  mereka  dengan gelaran festival. Tujuannya  mengingatkan kembali  kearifan yang sudah hilang sekaligus mengangkat dan mengambil semangatnya.

Sebagai pulau yang memiliki  sejarah   tentang warganya yang menggantungkan hidupnya di laut dengan berbagai tradisi,  kegiatan ini memiliki makna penting. Hal ini karena seiring perkembangan zaman berbagai kearifan  dengan beragam  tradisi  menangkap  ikan dan menjaga alam kini mulai punah.   

Penggagas Festival  Pulau Hiri  Sahron Hirto  menjelaskan, gelaran festival ini didasari oleh  adanya fenomena   hilangnya tradisi masyarakkat yang ada di Pulau Hiri.   Dikatakan,  sebagai pulau yang penduduknya bekerja sebagai nelayan,  saat ini kehidupan warganya banyak yang berubah.  Dia  mencontohkan kearifan menangkap  ikan saja kini sudah  tidak ada. Kearifan lokal menangkap ikan menggunakan laying-layang misalnya kini sudah tidak ada. Karena itu dalam rangkaian festival nanti nuansa-nuansa ini akan dihidupkan lagi. Jangankan kearifan menangkap ikan, sebagian besar anak muda di pulau ini juga sudah enggan menjadi nelayan. Mereka lebih banyak menjadikan mata pencarian dengan menjadi buruh serabutan hingga ada yang mesti merantau mencari  hidup ke pulau lainnya.

Terkait agenda festival,  Sahrony menyebutkan ada beberapa kearifan lokal   coba diangkat lagi. Kegiatan yang rencana dihelat mulau 5 Maret nanti itu,    misalnya  momorom  kie se  gam. Ac

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar