DAS Kepulauan Butuh Perhatian Khusus KLHK

By Kabar Pulau 25 Jan 2017, 08:06:11 WITLingkungan Hidup

DAS Kepulauan    Butuh Perhatian Khusus KLHK

 Provinsi  Maluku Utara  sebagai daerah kepulauan memiliki keunikan  lingkungan. Baik  hutan, daerah aliran sungai (DAS)  dan flora dan faunanya. Adanya  keunikan dan kekhasan itu, membuat pemerintah Provinsi Maluku Utara meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK) memberikan perhatian khusus untuk tiga persoalan ini.

 Untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) di Maluku Utara yang masuk dalam DAS kepulauan.  Berbeda dengan  daerah kontinental atau daratan. Karena itu membutuhkan juga penanganan yang spesifik. Dalam urusan  flora dan fauna. Daerah  Maluku Utara juga terbilang khas. Fauna   khas itu terutama burung- burung paruh bengkok yang hidup di hutan- hutan Maluku Utara. Selain dua hal ini, ada  yang juga   membutuhkan perhatian yang tidak kalah pentingnya dari Kementerian LHK adalah adanya kemauan dan kerelaan masyarakat dan pemerintah melapaskan   kawasan  pulunan  ribuan hektar untuk Taman Nasional Ake Tajawe. Daerah yang kaya tambang dan kayu ini rela dilepaskan maka membutuhkan perhatian yang sangat spesifik dari pemerintah pusat.

 “Karena wilayah yang khas itu maka perlu ada perhatian khusus diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),”kata Wakil Gubernur Maluku Utara  Ir Naser Thaib saat acara  menanam pohon Indonesia yang digelar di Kampus Universitas Khairun Ternate akhir November  lalu.

Wakil Gubernur yang memiliki latar belakang kehutanan ini mengatakan, sampai saat ini  keunikan  tersebut  belum mendapat perhatian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  

Dalam acara yang turut dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan  Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PSDHL) itu, Naser menjelaskan, soal  pengelolaan D

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar