Dana 1 Miliar untuk Desa Diduga Bermasalah

By Andhy EH 24 Des 2016, 21:37:40 WITKabar Kampung

Dana 1 Miliar untuk Desa Diduga Bermasalah

Masyarakat Loleo  Desak Proses Kades dan Sekdes

MOROTAI- Front Pemuda Morotai Bersatu (FPMB-) bersama puluhan masyarakat Desa Loleo Morotai Jaya (Morja) Jumat (29/4),   turun ke jalan menggelar  aksi unjuk rasa  ke kantor Bupati Morotai dan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Morsel. 

Di bawah kordinator Nander Puni dan Zulkifli Samania mereka  menyampaikan aspirasi  adanya dugaan tindak pidana korupsi anggaran satu desa satu milyar yang melibatkan Kades Leleo Ramli Marjan dan Sekretaris Desa Abdul Totou. Keduanya diduga  menyelewengkan anggaran  namun ada dugaan  dilindungi pihak Inspektorat dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Morotai."Anggaran SDSM bernilai ratusan juta tahun 2014-2015 yang dikorupsi oleh Kades dan Sekdes. Mereka  ternyata dilindungi Inspektorat sebagai lembaga pengawas termasuk BPMD,"teriak Nander Puni saat aksi di halaman kantor Bupati.

Nander  dalam orasinya menyebutkan  anggaran pembangunan masjid senilai Rp103 juta, anggaran gereja Rp 31 juta, pengadaan air bersih Rp115 juta, pembangunan lapangan bola voley Rp25 juta, belanja barang milik pemuda Rp60 juta, pengadaan bola voley Rp 5 juta, anggaran insentif milik ketua RT/RW 4 bulan belum dibayarkan."Semua anggaran itu sudah dicairkan, tapi tidak ada pembangunan fisiknya. Kami juga membawa ketua panitia masjid dan gereja, artinya terjadi penyelewengan anggaran yang dilakukan kedua aparat desa itu,"semprotnya.

Didepan kantor Bupati itu, mereka meminta Pejabat Bupati Weni R Paraisu segera menindaklanjuti kasus ini."Kamis mendesak Bupati mencopot Kades Loleo dan Sekdes, karena telah melakukan penyelewengan anggaran m

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar