Cerita Misteri di Balik Indahnya Pulau Pasi Tufiri

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:50:41 WITBaronda

Cerita Misteri di Balik Indahnya Pulau Pasi Tufiri
Pulau Pasi Tufiri, Halmahera Barat, Maluku Utara (kabarpulau.com/ Nurkholis Lamaau)

JAILOLO - Suara nyaring mesin perahu katinting pagi itu memecah sunyi Desa Tauro. Perahu berbahan fiber tersebut melaju kencang, membelah laut menuju sebuah pulau yang berada tepat di depan perkampungan.

Pulau Pasi Tufiri, begitulah masyarakat setempat menyebutnya. Jarak antara pulau dan wilayah pesisir Desa Tauro, Kecamatan Jailolo Tengah, Halmahera Barat, sulit diperkirakan. Sebab untuk waktu tempuh saja tergantung dari kecepatan perahu.

Menggunakan ketinting, perjalanan memakan waktu kurang lebih 20 menit. Ketika tiba dan menginjakkan kaki di tepian pantai, para rombongan sudah di suguhkan pemandangan indah. Selain kejernihan air laut, hamparan kerikil putih seolah terapung di atas permukaan laut. Disamping itu, pulau yang terlihat memanjang tersebut juga ditumbuhi beberapa pepohonan kecil.

Menurut warga setempat, sebelumnya pulau itu secara umum dikenal masyarakat dengan sebutan Pasi Tufiri. Namun, Sultan Ternate (alm) Mudaffar Sjah kemudian menamai pulau tersebut dengan nama Pasi Boki.

"Pulau itu dulunya bernama Pasi Tufiri, tapi Sultan Ternate (Alm) Mudaffar Sjah menamainya Pasi Boki," terang Radiah (31) warga Desa Tauro kepada kabarpulau.com, Sabtu (26/3/16).

Walaupun pulau tersebut telah berganti nama, namun warga setempat pada umumnya lebih sering menyebut dengan sebutan pasi atau nyare.

Pasi atau nyare adalah kerikil-kerikil pantai yang timbul di permukaan laut. Seringkali nyare dapat dilihat di pesisir pantai yang dangkal.

Di atas pulau yang terlihat memanjang itu, berdiri sebuah bangunan kecil seperti rumah. Menurut keterangan warga, bangunan itu diperuntukan bagi nelayan yang mampir untuk beristirahat. Selain itu, seringkali digunakan oleh masyarakat sebagai tempat rekreasi.

"Seringkali warga dari luar

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar