Budayawan Maluku Jadi Pembicara di Munas Sastrawan

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:26:35 WITSastera

Budayawan Maluku Jadi Pembicara di Munas Sastrawan
Budayawan Dino Umahuk

Budayawan Maluku, Dino Umahuk diundang sebagai pembicara pada Musyawarah Nasional Indonesia di Jakarta, 18-20 Oktober 2016 , yang mengusung tema “Peran Sastrawan dalam Pendidikan Karakter Masyarakat”

Munas yang diikuti ratusan sastrawan Indonesia itu berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta. Kegiatan in dilaksanakan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI.

Menurut Dino, kehadiran dirinya sebagai pembicara pada kegiatan nasional yang melibatkan sastrawan dari seluruh Indonesia ini, membuktikan bahwa Sastrawan Maluku kini mendapat tempat di tingkat nasional. “Ini merupakan prestasi sastrawan Maluku, artinya daerah ini dikenal dalam kancah sastra Indonesia,” ujar Dino, Senin (17/10/2016).

Akademisi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara ini, dijadwalkan berbicara pada Sesi Sidang Pleno II (Rabu, 18/10) bersama sejumlah sastrawan kawakan tanah air seperti Nirwan Dewanto,  Maman S Mahayana, Maman Suherman, serta Kepala Pusat pembinaan Bahasa, Profesor, Gufron Ali Ibrahim.

Pada sesi yang akan dipandu oleh moderator, penulis Linda Cristanty itu, penyair berjuluk “Lelaki dari Laut” ini akan menyampaikan makalahnya yang berjudul:  “Memupuk Pendidikan Karakter dengan  Membaca Sastra”

Menurut Dino, dengan membaca dan memahami karya sastra, berarti manusia mencoba memahami kehidupan, mencoba memperoleh nilai-nilai positif dan luhur dari kehidupan, dan pada akhirnya memperkaya batinnya.

Budayawan yang kerap diundang ke berbagai event sastra internasional dan nasional ini menambahkan, pembelajaran apresiasi sastra mampu dijadikan sebagai pintu masuk dalam penanaman nilai-nilai moral.

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar