BPK:Halsel dan Taliabu Berpotensi Salahgunakan Dana Desa

By Andhy EH 20 Des 2016, 00:00:57 WITKabar Malut

BPK:Halsel dan Taliabu Berpotensi Salahgunakan Dana Desa
Klustrasi Korupsi

Menkopolhukam: Penegak Hukum Ayo Usut Korupsi Dana Desa di Malut  

SOFIFI - Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsai Panjaitan mendesak aparat penegak hukum di Maluku Utara (Malut) mengusut tuntas dugaan korupsi penggunaan dana desa tahun anggaran 2015 senilai Rp291.071.202.000.

Luhut saat rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Malut di ball room Hotel Bela Internasional,   Senin (19/4) pekan ini meminta penegak hokum bergerak cepat jika ada dugaan korupsi dana desa tersebut. "Saya mintakan aparat penegak hukum di daerah ini (Malut) menelusuri penggunaan dana desa di seluruh kabupaten/kota tanpa terkecuali. Begitu pula dana desa di kabupaten Taliabu yang berjumlah Rp20 milliar lebih kenapa masih mengendap di kas daerah. Saya minta pihak terkait investigasi langsung," desak Luhut.

Menurutnya  total dana desa 2015-2016 yang diterima seluruh kabupaten/kota di Malut mencapai Rp1,3 triliun. "Di antaranya kabupaten Halteng ditransfer senilai Rp40,1 milliar dan Kabupaten Halbar Rp101 milliar. Saya minta kesalahan dana desa yang dilakukan Kades jangan langsung ditindak tapi melalui investigasi dahulu," terangnya lagi. Indikasi korupsi ini terkuak di dalam rapat kunjungan kerja (Kuker) Komisi XI DPR RI, di kantor gubernur Malut, puncak Gosale, jalan Lintas Halmahera, Oba Utara, Kamis (14/4) lalu. Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat kantor setempat, dikemukakan terdapat dua kabupaten yang berpotensi menyalahgunakan transfer dana desa 2015.

Ketua Bidang Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Maluku Utara (Malut), ST Rudy, memaparkan, dua kabupaten tersebut adalah Pulau Taliabu dan Halsel. Untuk kabupaten Pulau Taliabu, dikatakan, sampai sekarang dana yang sudah ditransfer pemerintah pusat sebesar 

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar