Birokrat Muda yang Mulai Bersinar

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:18:49 WITEtniq

Birokrat Muda yang Mulai Bersinar
Ricky Chairul Richfat, ST.MT

SAAT pertama dilantik menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), tidak sedikit yang meragukan kemampuan Ricky Chairul Richfat, ST.MT. Nada pesimis bahkan sinisme pun mencuat saat Ricky yang kala itu menjabat Sekretaris pada instansi tersebut, dilantik menggantikan Ir Moh Abdu Nasar yang dipromosi menjadi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Haltim.

Wajar jika banyak kalangan tidak yakin jika nahkoda badan perencana itu dipercayakan pada birokrat muda. Selain dianggap minim pengalaman, tugas dan tanggung jawab tersebut dianggap terlalu berat untuk dipikul untuk seorang PNS yang belum genap 10 tahun menjalani masa pengabdiannya. Toh, berbekal keyakinan dan kepercayaan diri, baru setahun menjalani jabatannya sejumlah keraguan itupun kini tersibak.

Saat diserahi tanggung jawab menjalani jabatan Kepala Bappeda, pria yang akrab disapa Ko Iky itu mampu membuat sejumlah terobosan yang sebelumnya dianggap sesuatu yang sulit. Salah satunya, dalam dua tahun terakhir semenjak akhir 2013, Bappeda Haltim mampu menyelesaikan dokumen perencanaan APBD-nya jauh hari sebelum tenggat waktu akhir. Sesuatu yang belum pernah dilakukan sehingga Haltim menjadi salah satu kabupaten dokumen perencanaan anggaran dan keuangannya langsung dievaluasi Kementerian Keuangan. “Kuncinya adalah tetap percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki. Bagi saya, pada intinya setiap manusia dilahirkan pada posisi titik nol. Sehingga proses kemampuan seseorang untuk berkembang tergantung pada kemauan orang tersebut untuk maju dan terus berkreativitas tanpa memandang asal-usulnya,” tuturnya.

Karier birokrasinya dimulai dari menjadi staf di Pemkab Halmahera Barat (Halbar). Dua tahun usai menyelesaikan studi S1-nya di Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ricky menjadi seorang seorang PNS. Tiga tahun kemudia

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar