Bantuan Nelayan di Sanana Salah Sasaran

By Andhy EH 24 Des 2016, 19:35:54 WITKabar Kota Pulau

Bantuan Nelayan di Sanana Salah Sasaran

SANANA– Sudah bukan rahasia lagi, berbagai bentuk jenis bantuan untuk pemberdayaan masyarakat selalu disalahgunakan. Salah satu misalnya  menjadi bahan kampanye bagi calon bupati dan wakil bupati tertentu. Seperti yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sula baru-baru ini.

Bantuan Dinas Perikanan dan Kelautan  daerah itu malah disalahgunakan calon tertentu.  Hal ini turut disuarakan   DPRD Kepulauan Sula (Kepsul) baru-baru ini. Mereka menyoroti bantuan  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepsul kepada para nelayan  itu ternyata ada yang salah sasaran.

Ketua Komisi II DPRD Kepsul Julfi Umasangadji   Senin (16/11)  mengaku,  ada 22 nama penerima bantuan. Ternyata  hanya 10 nama yang benar-benar adalah nelayan. Sementara  yang tersisa itu bukan nelayan. Ada dugaan  penerima bantuan adalah tim sukes salah satu pasangan calon (Paslon). “Nama penerima bantuan nelayan yang diberikan DKP  semua orang di Sula tahu, kalau mereka bukan nelayan,” kata Julfi.

Menurutnya, tiap tahun anggaran yang diploting untuk bantuan nelayan cukup besar, namun untuk pengembangan sector perikanan tangkap cukup sulit. Ini karena   bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran. Akhirnya bantuan itu tak digunakan untuk mencari ikan tapi dipakai untuk kenepentingan lain. ”Kita sudah tanya ke Kepala DKP Ibrahim Tidore, mengapa nama- nama yang bukan nelayan tapi menerima bantuan. Soal ini  Ibrahim beralasan itu petunjuk dari atas, sehingga mau tidak mau harus diberikan,” ujar Julfi.


Masalah ini lanjutnya, telah dikoordinasikan dengan Penjabat (Pj) Bupati Mohtar Umamit, agar dilakukan penarikan kembali seluruh bantuan yang tidak tepat sasaran. Setelah itu baru diberikan ulang kepada  nelayan yang berhak menerima. ” Pj

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar