Awas Simpatisan ISIS Menyebar di Malut

By 30 Des 2016, 13:05:03 WITTelusur Pulau

Awas Simpatisan ISIS Menyebar di Malut

Penulis: King Faisal  

Badan Intelijen Negara menemukan adanya jaringan Islamic States of Iraq and Suriah atau ISIS yang mulai menyebarkan paham radikal di Maluku Utara. Sejauh ini pergerakannya masih bersifat simpatisan yang menyebar di beberapa kabupaten dan kota. “Mereka sudah nyata, berada di tengah masyarakat,” kata Kepala BIN Maluku Utara Brigjen TNI Handi Geniardi saat dihubungi kabarpulau.com, Selasa (27/12/2016) lalu.

Dia mengatakan, sejauh ini pergerakan yang menebar isu kebencian itu masih sebatas simpatisan ISIS. “Mereka belum mengarah ke teror terbuka. Hanya saja kita perlu mewaspadai aktivitas mereka, baik kesehariannya maupun propaganda,” kata Handi.

Kabinda menegaskan, simpatisan ISIS yang menyebar di Maluku Utara saat ini sudah masuk dalam atensi Badan Intelejen dan aparat keamanan setempat. “Yang saat ini masih terus dikembangkan,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai dan melaporkan apabila di sekitarnya ada orang yang menyuarakan kebencian dan mengkafirkan pemerintah.

Sebelumnya Kapolda Maluku Utara Brigjen Tugas Dwi Apriyanto mengungkapkan indikasi penyebaran paham radikal di Maluku Utara tersebut disebar melalui jejaring media sosial. Informasi yang dihimpun menyebutkan, pergerakan itu dilakukan melalui jejaring bloger berupa mencari simpati, perekrutan dan sebagainya.

"(Sampai sekarang mereka masih) berselancar di dunia maya. Gejala-gejala untuk pergerakan (radikalisme) ini masih laten dan belum nampak. Sudah pasti kalau memang ada pergerakan yang lebih kita tindak lanjuti," kata Tugas.

Danrem 152/Babulla

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar