Aroma Suap di Balik Pinjaman Uang Bupati Halteng

By 27 Des 2016, 18:27:36 WITTelusur Pulau

Bupati Halmahera Tengah M Ali Yasin dilaporkan atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan terhadap Direktur Utama PT Sanbay Perkasa, M Hasan Bay.

Mantan anggota DPRD Maluku Utara masa jabatan 2014 hingga 2015, yang juga mantan Ketua DPC I Partai Golkar Kota Tidore Kepulauan,  resmi melaporkan politisi PDIP tersebut bersama mantan Direktur BUMD PT Haliyora Faisayang M Syukur Mandar.

Melalui Kuasa Hukumnya Sarman Saroden kepada awak media mengatakan, keduanya resmi dilaporkan ke Polres Ternate Jumat (23/12/16) lalu, sesuai laporan nomor: 79/DPD.BAAI-Tte/Lap Pid/XII/2016, perihal dugaan penipuan dan penggelapan.

Saroden mengungkapkan,  laporan itu untuk bupati M Ali Yasin selaku pemegang saham Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Halmahera Tengah dan M Syukur Mandar selaku Direktur BUMD PT Haliyora Faisayang.”

Keduanya melakukan peminjaman uang kepada kilennya M Hasan Bay dengan alasan menjalankan modal usaha BUMD PT Haliyora Faisayang milik Pemkab Halmahera Tengah.

“Peminjaman dilakukan pada 29 Januari 2015. Sampai sekarang tidak pernah dikembalikan. (Peminjaman) itu bertempat di kediaman pribadi milik Bupati Halmahera Tengah M Ali Yasin di Kota Ternate (Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Ternate Selatan). Saat itu klien saya (M Hasan Bay) dihubungi via telepon oleh M Syukur Mandar.”jelasnya

Dijelaskan, Syukur Mandar meminta bertemu Bupati Halmahera Tengah M Ali Yasin yang sudah menunggu di kediamannya untuk meminta suntikan dana ke BUMD Pemkab Halmahera Tengah PT Haliyora Faisayang sebesar Rp 1.000.000.000.

 Ada Suap

Saroden mengemukakan, sebagaimana laporan kliennya itu, peminjaman dilakukan dengan janji diberikan satu paket proyek Irigasi dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“(Janji ata

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar