Aer Goraka dan “Mulu Bebe” yang Ikonik

By Kabar Pulau 17 Jul 2017, 11:34:12 WITBaronda

Aer Goraka dan  “Mulu  Bebe” yang Ikonik

Penulis: Rasyid Yamani Volunter Kabarpulau.com

            Ternate menawarkan sesuatu yang khas.  Betapa  tidak,  negeri yang  kaya  akan berbagai  pangan lokal ini,  sebagian  belum  disentuh   diversifikasi   produk  dan kemasan. Kini  ada satu dua produk   bisa dinikmati bahkan menjadi ikon.  Contohnya aer goraka  atau aer jahe dan pisang  mulu  bebek goreng.   

Aer  goraka  mungkin memiliki kesamaan  dengan  beberapa  minuman khas daerah lain seperti di Sulawesi Selatan dengan Saraba atau di Jogja dengan  wedang.   Namun untuk aer goraka khas Ternate jika ditemani pisang   goreng   mulu bebe menjadi  santapan yang nimmatnya berbeda saat sore atau malam hari.  

Jika Anda   mengungjungi Ternate,  terutama dari luar Maluku Utara, maka tak salah mencobanya. Aer goraka dan pisang  goreng  mulu bebe  sebenarnya  sudah menjadi   minuman dan cemilan khas  Maluku Utara terutama Kota Ternate. Minuman ini memikiki   rasa  agak  pedas manis dan hangat   ini  bagi yang mereka   yang ingin menikmatinya, bisa mendatangi beberapa tempat  di kawasan tapak I dan II  Kelurahan Makassar  Timur Kota Ternate.

Aer Goraka    dijual di hampir semua  warung  di pinggir  jalan di kawasan ini.   Cara membuatnya juga cukup sederhana. Di mana jahe diparut dan dicampur gula aren lalu  direbus terlebih dahulu dengan air hingga  mendidih. Jika sudah menidih kemudian disaring sebelum disajikan agar racikan jahe dan gula tadi menyatu. Sementara  ke

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar