Ada Waterboom di Balik Dana Bangun Kantor Kejari Ternate??

By 30 Des 2016, 13:06:01 WITTelusur Pulau

Penulis : King Faisal

Warga Kota Ternate dibuat kaget, setelah mengetahui adanya alokasi APBD Pemkot Ternate sebesar Rp 5 miliar untuk pembangunan kantor baru Kejaksaan Negeri Ternate.

Alokasi APBD tahun anggaran 2016 itu menimbulkan tanya di benak warga. Sebab Kejaksaan Negeri setempat sedang menangani beragam kasus dugaan korupsi di lingkup Pemkot setempat.

Sementara gedung kantor yang saat ini dtempati Kejaksaan setempat masih bagus. Bahkan kantor Kejaksaan yang berada di Kelurahan Tanah Masjid, Kecamatan Ternate Tengah, itu layak huni.

Hal itu, dikatakan Safrun Sunarto, warga Kelurahan Sangaji Utara, Kecamatan Ternate Utara, Rabu, 13 Desember 2016. Dia mengatakan, sebaiknya alokasi APBD itu diperuntukan untuk bangun infrastruktur pendidikan di 3 Kecamatan, Ternate Pulau, yang masih membutuhkan perhatian Pemkot setempat.

“Lebe bae dong (lebih baik pemerintah) bangun fasilitas pendidikan di Pulau Moti, Batang Dua dan Pulau Hiri (3 kecamatan di Ternate Pulau). Masih banyak infrastrukur pendidikan di sana yang belum memadai. Seharusnya dorang (DPRD dan Pemkot Ternate) berpikir,” kata Safrun.

Ketua YLBH Maluku Utara Maharani Caroline menilai, alokasi APBD tersebut terkesan berlebihan, karena Kejaksaan merupakan lembaga vertikal yang sarana infrastruktur dan belanja aparaturnya telah dibiayai APBN. “Memang benar, tidak ada aturan yang melarang pemerintah daerah membangun gedung untuk lembaga vertikal. Tapi harus sesuai prioritas anggaran,” katanya.

“Yang kita sayangkan jangan sampai ada tendensi (tujuan) lain. Yang itu dapat berupa dugaan tukar guling kasus korupsi yang sedang ditangani. Apalagi Kejaksaan setempat sedang menangani dugaan kasus korupsi yang diduga melibatkan pejabat tinggi (Walikota Ternate),” sambungnya.

Maharani menya

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar