Ada Pasir Bersuara Anjing di Desa Jorjoga

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:44:24 WITBaronda

Ada Pasir Bersuara Anjing di Desa Jorjoga
Suasana pantai Pasir Jorjoga yang kalau diinjak mengeluarkan suara seperti anak anjing

Di pantai Desa Jorjoga, Kecamatan Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, terdapat sebidang pasir unik. Disebut unik lantaran sebidang pasir seluas 50 meter persegi itu dapat mengeluarkan suara serupa lengkingan anak anjing ketika dipijak. Ngik,,, ngik,,, ngik… Suara lengkingan makin jelas terdengar saat matahari bersinar terik dan pasir dalam kondisi kering. “Di pagi hari, atau ketika saat pasir dalam kondisi lembab, lengkingan anak anjing kurang terdengar. Tapi saat terik, suaranya sangat kentara,” tutur Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Kepsul, Ye Heder bin Syekh Abubakar.

Pantai Desa Jorjoga sendiri berupa hamparan pasir putih yang eksotis. Berdampingan dengan birunya laut dan suasana pantai yang tidak terlalu ramai, Pasir Anjing menjadi sebuah destinasi wisata unik. Tak heran, pemerintah kabupaten Kepulauan Sula, kabupaten induk sebelum Taliabu dimekarkan, berniat mengembangkan lokasi ini sebagai destinasi pariwisata terpadu. “Sejauh ini, belum ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena di Pasir Anjing. Justru kemisteriusan itu yang menjadi daya tarik destinasi ini,” sambung Ye Heder.

Untuk mencapai Pasir Anjing, disarankan memanfaatkan moda transportasi laut. Memang memakan waktu yang cukup lama, yakni dua jam pelayaran menggunakan speedboat, dari Bobong, ibukota Pulau Taliabu. Transportasi laut amat disarankan lantaran kondisi jalan darat menuju Desa Jorjoga terbilang parah. Jika kondisi jalan sedang tidak becek terkena hujan, dan sungai-sungai tanpa jembatan sedang tak deras arusnya, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu tiga jam. “Sebaliknya, jika musim hujan, maka perjalanan bisa lebih lama lagi,” ujar Ye Heder.(LE)


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar