66 Persen Jalan di Maluku Utara Rusak Parah

By Kabar Pulau 28 Apr 2017, 17:24:22 WITKabar Malut

66 Persen Jalan  di Maluku Utara Rusak Parah

Pembangunan  infrastruktrur jalan  dan jembatan  di Provinsi Maluku Utara  masih jauh dari harapan. Provinsi yang terdiri dari beberapa pulau besar seperti, Halmahera, Obi, Kepulauan Sula, Taliabu, Bacan, Morotai  dan pulau  kecil lainnya  belum memiliki infrastruktur jalan yang memadai.

Dari  semua pulau  di Maluku Utara nyaris baru Halmahera Utara dan Morotai   sudah memiliki akses jalan yang terbilang baik. Untuk Halmahera sendiri belum semua kabupaten saling terhubung.  Ada beberapa Kabupaten   masih belum terbuka aksesnya. Sebut saja di Kota Tidore Kepulauan dengan Kabupaten dan sebagian Kabupaten Halmahera Selatan serta Kabupaten Halmahera Tengah dan Halmahera Timur. Yang sudah terbuka akses jalan itu hanya Halmahera Barat Halmahera Timur dan Halmahera Timur hingga Halmahera Utara dan Halmahera Tengah  dengan sebagian Halmahera Selatan. 

Sementara di pulau besar lainnya  belum satupun memliki jalan keliling yang bisa saling menghubungkan antar kecamatan atau  antardaerah.  Tidak hanya jalan,  pembangunan jembatan   juga  kondisinya sama.

Contoh konkrit  dari abainya pemerintah dalam membangun  jalan bisa diliha   di daerah Transmigrasi Lalubi Halmahera  Selatan. Wilayah transmigrasi ini dulunya hutan rimba Halmahera,   dibabat untuk program pemerintah dengan memindahkan warga dari Jawa Barat Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat ke daerah ini. Sepanjang jalan menuju Trans, jalan tanah sempit dan bergelombang dengan lebar jalan hanya 1 meter. Ada 11 jembatan tak layak  menyatukan kali-kali berukuran kecil hingga sedang. Jembatan-jembatan itu rata-rata terbuat dari potongan kayu yang letaknya berjarak-jarak. Di beberapa tempat, jurang menganga di kiri kanan jalan. Sepeda motor merupakan

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar