2016 Pemkab Haltim Fokus Bangun Perikanan

By Andhy EH 24 Des 2016, 19:34:18 WITKabar Kota Pulau

2016 Pemkab Haltim Fokus Bangun Perikanan
Bantuan alat tangkap seperti ini perlu diperbanyak untuk nelayan

MABA— Seluruh Kabupaten/kota  di Maluku Utara memiliki potensi di bidang kelautan dan perikanan.  Potensi itu  cukup melimpah. Sayangnya, potensi melimpah ruah itu,  tidak tergarap secara baik sehingga belum memberikan manfaat kesejahteraan  buat masyarakat. Padahal perikanan dan kelautan menjadi sektor andalan  untuk program masa depan.

Karena potensi inilah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), menjadikan perikanan dan kelautan menjadi sector  andalan selain sektor pertambangan. Memang diakui untuk sector pertambangan kadangkala mengalami fluktuasi seiring adanya kebijakan pemerintah secara nasional. Hal ini turut memengaruhi produksi di bidang tambang. Ambil contoh  ketika Undang-undang Mineral dan Batubara (Minerba) diterapkan, Pemkab Haltim juga kewalahan. Karena itu perlu menyiapkan  sektor unggulan yang bernilai ekspor.

Sekretaris Daerah (Sekda)  Haltim Moh. Abdu Nasar   baru-baru ini menyampaikan bahwa sebelumnya  pendapatan Pemkab Haltim  menitikberatkan di  sektor pertambangan sebagai primadona. Ketika Undang- undang Minerba diberlakukan, semua SKPD harus, ikat pinggang. Karenaitu pola pikir pemerintah terutama Satuan Kerja Perangkat Daerah  harus bekerja yang bisa bermanfaat secara langsung dalam menggenjot pendapatan. Termasuk   menciptakan kenyamanan dan  kesejahteraan, masyarakat. "SKPD mestinya  bekerja,  dengan bisa menggenjot pendapatan dari segala sector. Bahkan  jika perlu  sampai pada tingkatan ekspor," katanya.

Baginya semua sektor, yang paling berpotensi  untuk ekspor adalah sektor perikanan. " Karena ini harus dijadikan   sektor andalan  

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar