167 Honorer Halteng Hampir Setahun Tak Dibayar

By Kabar Pulau 11 Jan 2017, 06:33:09 WITKabar Malut

167 Honorer Halteng Hampir Setahun Tak Dibayar

Nasib  167 honorer di   Pemkab Halmahera Tengah  10 bulan terakhir sungguh miris. Honor mereka  belum  dibayarkan  Pemkab Halteng sudah hamper setahun ini.  "Sudah 10 bulan  belum juga dibayarkan. Padahal dijanjikan  pada APBD Perubahan 2016 lalu semua akan diselesaikan. Ternyata sudah  2017 belum juga ada kabar. Anehnya, di tengah permasalahan gaji 167. Dalam kondisi seperti ini tiba-tiba Pemkab Halteng kembali mengangkat 459 honorer menjadi PTT," keluh  M Rahmat salah satu  honorer di Kota Weda. Dia meminta Pemkab Halteng, terutama Dinas Pendidikan Halteng  agar tindak menanggap  sepele persoalan itu. "Kami sudah jalankan tugas  tapi kerja kami dibayar  Pemkab Halteng dengan janji," ujarnya  kesal. Dia  mengungkapkan, jika sampai Januari ini belum  dibayar  ia akan  mengkonsolidasi seluruh guru honorer di Halteng menggelar  aksi menuntut hak gaji mereka selama 10 bulan ini. "Kami demo kalau Januari ini tidak ada kabar," tandasnya.

 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Halteng Abubajar Awan mengatakan, terkait  tunggakan pembayaran gaji  itu menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan  sebanyak 53 orang yang tercatat sebagai tenaga pengajar sekolah, selebihnya  honorer  di masing-masing instansi di Pemkab Halteng.

Menurutnya, soal  penundaan  honor Pemkab Halteng  bukan disengaja, melainkan masih menunggu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan SDM Pemkab Halteng melakukan verifikasi/validasi data honorer. "Langkah ini dilakukan agar memastikan apakah para honorer benar-benar ada atau tidak. Jika hasil validasi itu sudah diserahkan ke Dinas Pendidikan, selanjutnya kami bayarkan gaji guru honorer tersebut," terangnya.(ido)


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar