“Sultan Tidore, Morotai dan Jokowi.”

By Kabar Pulau 18 Jan 2017, 13:08:56 WITOpini

“Sultan Tidore, Morotai dan Jokowi.”

Gerbang Indonesia Menuju Pasifik

OLeh: Syaiful  Bahri Ruray

Penulis adalah Cucu Hoofd District  van Wayabula.

Begitu cepatnya kekuasaan meresponi surat Sultan Tidore kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tentang investasi di Morotai, sungguh melegakan satu sisi. Walaupun banyak dimensi harus dilihat sebaga ihal yang komprehensif dalam pengembangan sebuah kawasan. Banyak teori pembangunan bisa diajukan, juga sebanyak kegagalan yang  dihadapi dalam pembangunan yang telah dibahas para akademisi dunia.

Morotai memang menjadi topic pembicaraan tingkat tinggi antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Jepang Sinzo Abe di Istana Bogor. Setelah sebelumnya jagad politik dihebohkan dengan ijin pemberian nama pulau-pulau Indonesia yang diserahkan ke pihak asing untuk dikembangkan. Menjadi perdebatan karena dari sisi kedaulatan kebijakan tersebut seperti tidak berbasis pada  UNCLOS,1982  sebagai rujukan hukum internasional yang dianut PBB. Padahal konvensi hukum laut internasional di  Montegua Bay, Jamaica pada 1982 tersebut, substantifnya sangat dipengaruhi oleh kontribusi Indonesia, khususnya pada pasal-pasal laut territorial. Karena Indonesia telah melakukan tindakan unilateral dengan Deklarasi Djuanda, 1957 yang membatalkan regulasi colonial Belanda ‘Teritorial Zee en Maritime KringenOrdonatie’ 1939  tersebut  yang hanya menetapkan 3 mil laut territorial.

Perjuangan Indonesia tentang konsep ‘archipelagic state’ diakui dunia. Kita juga seakan lupa akan kasus sebelumnya, ketika Amerika Serikat dan Belanda memperebutkan ‘Island of Palmas’ yang sekarang dikenal dengan nama Marore di Sulawesi Utara. Hakim Max Huber (Swedia) memutuskan pulau ini menjadi milik Hindia Belanda karena memenuhi syarat doktrin okupasi yang juga dengan keten

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. udin umar 22 Jan 2017, 20:57:47 WIT

    Menakjubkan gagasan cerdas salah seorang putra terbaik bangsa dari timur indonsia

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar